FOR EVERYONE...

Thank you, you came to my blog, its my little experience of my work in stage management for almost 20 years, for over 1000 show & events, hope you can enjoy and get something to learn from my working life, my long lovely experience of stage management...

18/07/10

STAGE = TIGHT (Tegang) / SCARY (Menakutkan)

Sebuah acara selalu menegangkan, besar atau kecil sama-sama memiliki unsur yang menakutkan.

> Dari pengalaman saya tidak ada satu pun cara untuk menghilangkan rasa takut dan tegang kecuali kita secepatnya, jauh-jauh hari melakukan analisa terhadap event tersebut, membayangkan nya, mengatur nya, mendiskusikan nya, jangan lupa membuat catatan-catatan sendiri untuk diri kita.

> Dibantu dengan manajemen diri yang baik, mengatur makan, minum dan cukupkan istirahat, karena tanpa ditunjang dengan itu, emosi dan tensi kita akan terganggu dalam bekerja, membuat kita cepat emosi marah dan mengacaukan tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.

> Kita bayangkan apabila kita hendak menaiki Jet Coaster, kita lihat petunjuk nya (roleplay), kita baca peraturan nya (rules), kita melihat contohnya (observe), setelah itu bayangkan (imagination). Dengan cara itu kita meminimalisir rasa tegang dan takut.

> meng konfirmasi kesiapan tim pada saat-saat akhir sebelum acara berjalan.

> Dan yang penting adalah berdoa sebelum acara d mulai.