FOR EVERYONE...

Thank you, you came to my blog, its my little experience of my work in stage management for almost 20 years, for over 1000 show & events, hope you can enjoy and get something to learn from my working life, my long lovely experience of stage management...

10/07/10

Tips for Stage Manager

> “Tanggung Jawab” adalah sebuah kata kunci/penting pada saat kita membahas “Stage Management” / “Stage Manager”.

> Dengan menerima pekerjaan di posisi Stage Manager pada stage management, berarti kita setuju untuk memberikan hasil kerja yang bisa diperhitungkan kemudian (akuntabel) atas pekerjaan yang kita pilih ini yang dengan hasilnya bisa memberikan efek luar biasa terhadap sebuah Show Production.

> Stage Manager tidak bertanggung jawab terhadap apa yang SM kerjakan saja, tapi juga bertanggung atas hasil kerja stage management / hasil akhir.
Contoh : apabila salah satu stage crew memiliki keraguan dalam bekerja dan terjadi sesuatu karena keraguan tersebut dan menimbulkan kerusakan jalannya acara, maka itu adalah tanggung jawab Stage Manager, walaupun pada saat kesalahan tersebut terjadi Stage Manager sedang duduk di booth nya.
> Adalah tugas Stage Manager untuk mengetahui secara pasti semua crew yang bekerja didalam tim, apakah stage crew sudah mengerti atau belum acara ini.