FOR EVERYONE...

Thank you, you came to my blog, its my little experience of my work in stage management for almost 20 years, for over 1000 show & events, hope you can enjoy and get something to learn from my working life, my long lovely experience of stage management...

27/07/10

Why we need stage management?

- Acara sukses karena konsep yang baik.
Konsep pemanggungan yang sudah dibuat adalah buku putih tim kerja Stage Management, yang menjadi panduan dalam merancang, mempersiapkan dan meng eksekusi event.

- Acara sukses karena teratur.
Semua Materi yang akan di tampilkan harus melewati satu proses perencanaan, persiapan latihan, General rehearsal, dalam waktu tertentu, dengan aturan yang harus diikuti oleh semua pihak yg terlibat.


- Acara sukses karena kerja tim yang baik.
Kesuksesan acara adalah kesuksesan stage management (adalah “tim” bukan “orang per orang”), tinggi dan rendah jabatan dalam stage management sama penting nya namun berbeda tanggung jawab dan mekanisme nya, dan pasti setiap jabatan dalam stage management akan memberikan kontribusi tersendiri terhadap sukses nya acara. 

Tim itu mempunyai bagian kepala, badan dan kaki. Tim itu memiliki pemimpin, asisten pemimpin dan tim pembantu handal. Semua dilakukan dengan prosedural mengacu pada Teamwork Structur, meminjam istilah tentara, ada "garis komando yang jelas dan tegas".

- Acara sukses karena tim menguasai pekerjaan.
Menguasai pekerjaan adalah bagian dari keberhasilan individu mempelajari ilmu stage managament dalam kurun waktu tertentu sehingga bisa di anggap "menguasai", baik itu pengalaman sebagai Show Director, Stage Manager, Stage Crew, Talent Coordinator, dll. 

Penguasaan ini penting sehingga mempercepat proses-proses perencanaan dan persiapan sebuah pemanggungan. Kesuksesan yang tercapai adalah hasil kerjasama dalam tim stage management, wajib untuk masing2 orang mengetahui tugas dan tanggung jawabnya, dan saling membantu. Untuk itu diperlukan ATURAN MAIN / ROLEPLAY. Acara tidak sukses adalah karena tim yang kurang baik kerja nya